info seputar artikel dan tips hidup sehat

Trik Ampuh Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

trik-alami-atasi-hidung-tersumbat
Nikmat Sehat - Meski bukan termasuk penyakit, hidung tersumbat juga tergolong gangguan pada pernafasan. Gejalanya lubang hidung tersumbat sebagian atau keduanya. Pernafasan jadi tidak lega. Serta kadang diiringi dengan kepala pening akibat kesulitan dalam bernafas.

Umumnya, hidung tersumbat dialami oleh seseorang yang sedang sakit flu, batuk atau pilek. Ada pula yang tiba-tiba mengalami hidung tersumbat meskipun tidak sakit. Ketika bangun tidur, langsung terasa hidung tersumbat.
Waspadalah, Hal-Hal Kecil Ini Bisa Membuat Anda Tambah Gemuk
Nah bagi anda yang pernah mengalami hidung tersumbat, jangan khawatir dan jangan terburu-buru memeriksakan diri ke dokter, apalagi sampai minum obat-obatan kimia. Berikut beberapa trik atau cara alami yang bisa anda lakukan jika terganggu oleh hidung tersumbat.

Trik Alami Atasi Hidung Tersumbat


Jus Tomat

trik-alami-atasi-hidung-tersumbat
Cobalah minum jus tomat sesaat setelah anda mengalami hidung tersumbat. Dijamin tidak perlu waktu lama untuk mengakhiri problem hidung tersumbat tersebut. 

Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik guna melegakan pernafasan. Hidung anda yang mampet dapat luruh dengan jahe ini. Selain juga imunitas tubuh makin meningkat dengan rutin mengkonsumsi jahe. 
Ajib, Inilah Cara Alami Sembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Kompres Air Hangat

Cara mudah atasi hidung tersumbat adalah dengan mengkompres hidung dengan air hangat. Jika anda kuat menahannya, sebenarnya kompres dengan air panas lebih efektif melegakan hidung tersumbat dibanding air hangat. Sedangkan air hangat juga bisa bermanfaat untuk mengatasi peradangan yang terjadi di hidung.

Basil

Selain sebagai bumbu dapur yang sedap, basil juga dapat dimanfaatkan untuk melegakan hidup mampet. Kandungan anti mikroba, anti bakteria dan anti inflamasi berperan penting dalam mengatasi hidung tersumbat.
Sangat Mengejutkan, Inilah 10 Manfaat Tak Terduga Dari Segelas Jus Kubis

Cuka Apel

trik-alami-atasi-hidung-tersumbat
Anda juga dapat memanfaatkan bahan alami dari cuka apel untuk mengatasi hidung tersumbat. Cuka apel ini memiliki kandungan potasium dan asam asetat yang tinggi, yang mana kedua zat ini sangat baik dalam membantu menghilangkan lendir di hidung dan juga mencegah pertumbuhan bakteri. 

Air Saline

Demikian halnya dengan bahan alami dari air saline ini. Air ini memiliki kualitas yang baik dalam melepaskan lendir dari hidung. Sehingga sangat baik untuk mengatasi hidung tersumbat.
Latihan Khusus Bagi Penderita Sakit Punggung

Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini memang dikenal kaya manfaat. Dalam hal hidung tersumbat, bawang putih bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Sebab bawang putih mengandung dekongestan dan ekspektoran alami yang baik guna melegakan hidung tersumbat.

Penguapan

trik-alami-atasi-hidung-tersumbat
Lakukan penguapan hidung di atas air mendidih untuk melegakan hidung tersumbat. Atau bisa pula minta bantuan tim medis yang memiliki alat penguapan yang biasa dipakai untuk mengobati batuk pada anak-anak.
5 Solusi Guna Memantau Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh

Makan Cabai

Maksud dari makan cabai disini adalah membuatnya menjadi sambel penambah selera makanan pedas. Kandungan dekongestan alaminya membantu memupus lendir di paru-paru. Sedangkan kandungan capsaicin sangat baik dalam mengurangi pembengkakan hidung.

Daun Mint

Daun Mint mengandung mentol yang berguna untuk mengendurkan sel saraf di dalam hidung. Sehingga pernafsan jadi lancar. Demikian halnya dalam membersihkan hidung dari lendir, sehingga daun mint ini membantu melegakan hidung tersumbat.
Ini Buktinya Mengapa Air Hangat Lebih Bermanfaat Bagi Tubuh
Hidung tersumbat kini sudah bukan gangguan lagi dengan adanya trik alami di atas. Bebas efek samping dan baik dalam melegakan hidung tersumbat.