info seputar artikel dan tips hidup sehat

Penyebab Jalan Kaki Tidak Mampu Membakar Lemak Tubuh

Penyebab Jalan Kaki Tidak Mampu Membakar Lemak Tubuh - Jalan kaki menjadi salah satu olah raga paling favorit untuk dilakukan. Terutama bagi mereka yang telah lanjut usia. Selain mudah, murah, santai dan tidak memerlukan kekuatan tubuh yang banyak, jalan kaki bisa dibarengi dengan mengobrol, mendengar musik dan sebagainya.

Selain menyehatkan, jalan kaki juga menjadi alasan sebagian orang untuk menurunkan berat badannya. Dan juga menjadi salah satu program dalam diet. Sebab memang tujuan utama olah raga ringan ini adalah membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

cara salah olah raga jalan kaki

Akan tetapi faktanya masih banyak yang rutin melakukan kegiatan ini, namun tetap saja gemuk dan tidak berefek pada penurunan berat badannya. Jika hal yang demikian ini menimpa Anda, maka cobalah memperhatikan kembali cara Anda dalam berjalan kaki. Mungkin ada yang salah melakukannya. Sebab ternyata jika salah dalam melakukannya, ada kemungkinan tidak berdampak apapun pada pembakaran lemak dalam tubuh Anda. Alias berat badan tidak turun. Lalu apa saja kesalahan dalam berjalan kaki hingga tidak berpengaruh pada pembakaran lemak dalam tubuh itu? Berikut beberapa diantara yang meski Anda perhatikan.

Penyebab jalan kaki tidak bisa membakar lemak

Perut lemah

Seseorang yang memiliki perut lemah di bagian tengah cenderung tidak terlalu kuat jika diajak berjalan. Dan biasanya mereka memiliki postur tubuh yang tidak proporsional dan sulit dalam melakukan latihan nafas. Namun jika Anda merasa memiliki perut yang demikian itu, silakan lakukan latihan pernafasan secara bertahap dan rutin untuk memperkuat otot-otot perut. Seperti sit up atau mengangkat barbell.

Alas kaki

Anda sebaiknya memakai alas kaki saat jalan kaki. Sebab bisa melindungi telapak kaki dari benda tajam maupun kotoran. Namun juga harus diperhatikan bentuk alas kaki. Jika salah dalam memilihnya, justru akan berakibat lecet dan luka pada kaki. Investasikan dana Anda untuk kesehatan dengan membeli sepatu yang paling cocok dan sesuai dengan kaki Anda.

Langkah kaki

Hentikan kebiasaan membuat langkah yang panjang saat jalan kaki. Sebab dengan langkah ini, Anda akan kehilangan kecepatan. Jika kecepatan jalan melambat, maka proses pembakaran kalori akan turun. Lakukan langkah kaki layaknya Anda berjalan seperti biasanya.

Kecepatan berjalan

Meski telah rutin melakukan jalan kaki, tetapi bila kecepatannya tetap, maka tidak bisa memberikan efek apapun pada penurunan berat badan. Sebab tubuh akan cepat merespon setiap perubahan yang terjadi. Jika stagnan, tentu saja tubuh tidak bisa menyesuaikan diri. Sehingga tingkat kecepatan yang sama tidak akan berarti.

Sekarang cobalah merubah kecepatan berjalan. Jika sebelumnya melakukannya dalam 10 menit, kini percepat dalam 8 menit dan seterusnya. Ulangi perubahan tersebut saat melakukannya.

Kalori berlebihan

Tidak ada gunanya jika Anda rutin berolah raga, termasuk jalan kaki, jika sering makan yang menagndung banyak kalori. Sebab pembakaran kalori akan sia-sia belaka. Untuk itu, coba kurangi asupan makanan yang mengandung kalori yang berlebihan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Atau bisa pula dengan banyak makan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat.

Bagaimana dengan Anda? Apakah selama ini telah melakukan kesalahan dalam olah raga jalan kaki ini? Jika demikian, cobalah untuk merubahnya dengan beberapa informasi di atas.

No comments:

Post a Comment