info seputar artikel dan tips hidup sehat

Nikmati Ragam Manfaat Kesehatan dengan Cara Puasa Gadget

manfaat-kesehatan-puasa-gadget
Tak dapat dipungkiri, bahwa gadget merupakan teknologi yang kini jadi acuan untuk mendukung segala aktivitas manusia dalam sehari-hari. Dari bangun tidur hingga tidur kembali, tampaknya manusia tidak bisa lepas dari yang namanya gadget.

Memang banyak manfaat yang didapatkan dari teknologi gadget ini jika digunakan secara bijaksana. Komunikasi jadi lancar, aktivitas kerja terbantu, mobilitas makin mudah dan sebagainya. 

Akan tetapi, jika pemakaiannya berlebihan, justru akan memberikan dampak buruk. Salah satunya adalah kesehatan yang menurun. Sehingga perlu sesekali berfikir agar sejenak berlepas diri dari gadget atau puasa gadget.

Manfaat Kesehatan Saat Puasa Gadget

Ada banyak manfaat jika mampu melakukan puasa gadget. Apa saja manfaatnya, mari kita simak paparannya berikut ini. 

Mata Jadi Rileks

Saat berlama-lama di depan smartphone atau laptop, mata mudah lelah akibat otot mata tegang, dan bisa menimbulkan pusing dan sakit kepala. Sehingga saat puasa gadget, maka otot maka akan lebih rileks dan tidak mudah lelah atau pusing.

Menikmati Makanan

Banyak yang melakukan aktivitas makan dengan bermain handphone atau menatap layar monitor laptop. Dampaknya adalah tidak bisa menikmati makanan dan bisa pula mengakibatkan salah telan atau tersedak akibat fokus yang terpecah. Maka, letakkan gadget dahulu, lalu nikmati makanan. 

Telinga Sehat

Ada yang lebih suka memakai earphone saat mendegarkan musik atau ketika berbicara di telepon. Jika terlalu lama, bisa berdampak pada kesehatan telinga. Bisa muncul infeksi dan gangguan pendengaran lainnya. Sebaiknya kurangi pemakaian earphone pada gadget.

Quality Time

manfaat-kesehatan-puasa-gadget
Tanpa disadari, bermain gadget yang berlebihan akan mengalihkan perhatiannya pada orang-orang di sekitarnya. Orang tua jadi lupa bercengkrama dengan anaknya. Suami jadi lupa sharing dengan istrinya. Murid tidak fokus saat belajar dan sebagainya. Maka hentikan atau kurangi pemakaian gadget agar memiliki quality time atau waktu yang berkualitas bersama orang-orang yang anda sayangi.

Hidup Tenang

Status media sosial yang lebay, asal-asalan dan berisi berita hoaks bisa membuat pusing dan stress. Maka letakkan gadget segera, untuk meminimalisir hal-hal yang bisa membuat stress atau tidak tenang. 

Tidur Nyenyak

Ternyata gadget bisa membuat kualitas tidur jadi buruk. Tidur tidak nyenyak dan insomnia adalah dampak pemakaian gadget yang berlebihan. Maka segera taruh gadget saat waktu tiba tanpa syarat apapun agar tidur lebih nyenyak.

Mempertajam Memori

manfaat-kesehatan-puasa-gadget
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengurangi pemakaian gadget atau puasa gadget bisa berdampak baik bagi ketajaman memori yang lebih bagus. Selain itu juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif. 

Stress Menurun

Ketika komunikasi tersendat, WA tidak kunjung dibalas, inbok tertunda, messenger macet bisa menambah stress. Dengan puasa gadget, hal seperti itu akan terkurangi. Sehingga stress akan menurun.

Ingin hidup lebih sehat, ada baiknya mencoba cara di atas yakni dengan puasa gadget. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment