info seputar artikel dan tips hidup sehat

Keluhan Saat Menanti Kelahiran Anak Kedua dan Solusinya

solusi-keluhan-kehamilan-kedua
Hal wajar bagi seorang wanita yang pasti akan mengalami kehamilan. Tahapan menjadi seorang ibu segera disematkan saat si kecil sudah ada di dalam kandungan. Perasaan antara senang, gugup, khawatir bercampur jadi satu saat hendak memiliki momongan.

Setelah si kecil keluar, maka perasaan lega dan gembira terpancar dari wajah sang ibu. Saat waktu berjalan, si adik ternyata sudah ada dalam kandungan. Alias kehamilan kedua sudah di depan mata. Perasaan yang hampir sama saat kehamilan kedua. Akan tetapi agak sedikit berbeda, yakni lebih siap karena pengalaman pada anak pertama.

Akan tetapi, tetap saja, bahwa menanti kehamilan membutuhkan persiapan yang matang. Sebab keluhan apapun bisa saja terjadi di tengah-tengah kehamilan.

Keluhan Saat Menanti Kelahiran Kedua Beserta Solusinya

Nah, bagi anda para ibu yang sedang menanti kehamilan kedua, berikut ini adalah uraian tentang keluhan dan solusi yang terjadi saat kehamilan kedua.

Sakit Punggung

solusi-keluhan-kehamilan-kedua
Bagi ibu yang hamil dalam jarak yang cukup jauh antara anak pertama dengan anak kedua, biasanya akan merasakan keluhan pada punggung. Punggung akan terasa sakit. Untuk itu, rajinlah berolah raga, jika kehamilan kedua sudah terasa.

Lebih Lelah

Demikian halnya dengan rasa lelah yang lebih tinggi di kehamilan kedua ini. Maka atur waktu istirahat dengan baik agar tubuh tidak mudah lelah.

Lebih Gugup

Gangguan kesehatan, pengaruh lingkungan sekitar dan kondisi psikologis bisa mempengaruhi ibu hamil kedua. Sehingga tetap rileks dan menjaga kesehatan adalah solusi untuk menanggulangi munculnya rasa gugup tersebut.

Stretch Marks

Kehamilan kedua akan membawa lebih banyak stretch daripada kehamilan pertama. Jadi persiapkan berbagai perawatan alami untuk menghadapi stretch mark.

Kelahiran Sungsang

solusi-keluhan-kehamilan-kedua
Resiko bayi lahir sungsang juga bisa ditemui ibu hamil anak kedua. Demikian menurut penelitian dari boldsky.com. Untuk itu senantiasa rajin berolah raga dan senam agar posisi bayi tetap normal. 

Kelahiran Prematur

Kelahiran bayi prematur bisa terjadi kapan saja, baik kelahiran pertama, kedua dan seterusnya. Sehingga lakukan persiapan lebih awal dengan rutin konsultasi dengan dokter, rutin olahraga dan makan nutrisi bergizi.

Demikilah beberapa keluhan yang terjadi pada ibu hamil anak kedua berikut solusinya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment