info seputar artikel dan tips hidup sehat

Faktor Penyebab Gigi Berwarna Kuning

penyebab-gigi-kuning
Nikmat Sehat - Gigi rata dan berwarna putih bersih mencerminkan keelokan penampilan seseorang. Senyum merekah jadi lebih indah. Dan wajah makin menunjukkan ketampanan dan kecantikannya jika gigi sehat dan tidak berwarna kuning.

Warna kuning pada gigi, selain mengurangi penampilan, bisa menjadi salah satu tahapan kerusakan gigi yang lebih parah. Yakni gigi berlubang, karang gigi, gusi berdarah hingga gigi tanggal. Maka waspadalah bagi anda yang kini memiliki gigi berwarna kuning, aliasn tidak berwarna putih lagi.
Hati-hati, 7 Gejala Kanker Kulit Ini Seringkali Tak Menampakkan Diri
Umumnya, gigi kuning ini dialami oleh orang yang suka merokok. Kandungan nikotin di dalamnya jika terkombinasikan dengan oksigen dalam udara, maka akan meninggalkan jejak noda kuning, coklat dan bintik hitam.

Faktor Penyebab Gigi Berwarna Kuning

Thehealthsite.com melansir hasil sebuah penelitian yang menyebutkan faktor penyabab terjadinya warna kuning pada gigi. Beikut paparannya. 

Saraf Gigi Rusak

Saraf pada gigi mengakibatkan gigi berubah warna menjadi bernoda abu-abu hingga berwarna coklar. Anda harus berhati-hati, sebab kerusakan saraf tidak hanya rawan gigi tanggal, namun juga bisa mengakibatkan gangguan fungisonal pada kesehatan jantung.
Penyebab Migrain yang Sering Disepelekan

Bakteri yang Menumpuk

Jika tidak mendapatkan perawatan secara rutin, seperti rutin gosok gigi atau berkumur dengan obat pencahar, maka bakteri yang ada di mulut bisa menumpuk di sela-sela gigi. Kondisi demikian mengakibatkan timbulnya plak atau karang gigi. Sedangkan bakteri yang berkembang akan menghasilkan perubahan warna gigi menjadi oranye. 

Gigi Luruh

Terjadinya peluruhan gigi bisa disebabkan karena perawatan yang salah. Akibatnya, gigi berwarna kuning, coklat, bahkan terdapat noda hitam di gigi. Hal yang harus diperhatikan adalah jika terjadi ketidaknyaman saat melakukan perawatan gigi, sebaiknya langsung dikonsultasikan dengan dokter gigi. Agar jika ada yang salah dapat segera mendapat saran yang tepat.
Awas, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umurmu Makin Pendek

Usia

penyebab-gigi-kuning
Seiring bertambahnya usia, kesehatan dan fisik gigi juga menurun. Periode alami yang terjadi adalah terkikisnya email yang merupakan lapisan terluar gigi. Sehingga gigi tampak tidak berwarna putih lagi, akan tetapi berwarna kuning.
Jangan Lakukan 5 Aktifitas Ini Setelah Joging

Tidak Menjaga Kebersihan Gigi

Saat setelah makan dan sebelum tidur adalah waktu dimana orang melupakan aktivitas menggosok gigi. Padalah pada waktu-waktu ini, jika tidak diperhatikan akan menjadi waktu bagi penyakit untuk bersarang dan berkembang biak di dalam mulut. Akibatnya gigi mudah berwarna kuning. Sehingga rawatlah gigi tidak hanya saat berangkat kerja di pagi hari saja.

Restorasi Gigi Gagal

Bagi yang pernah melakukan perawatan gigi berupa restorasi, hendaklah memperhatikan saat pemasangan mahkota gigi. Karena pengerjaan yang salah berdampak pada gigi yang bernoda kuning. Demikian saat inlay, onlay dan veneer.

Gigi Cidera

Hal lumrah lainnya yang mengakibatkan gigi berwarna kuning adalah saat gigi mengalami cidera baik retak maupun patah. 
Waspadalah, Hal-Hal Kecil Ini Bisa Membuat Anda Tambah Gemuk
Setelah mengetahui faktor penyebab gigi berwarna kuning di atas, diharapkam kita semakin rajin menjaga kesehatan gigi agar tidak menimbulkan masalah-masalah baru bagi kesehatan mulut dan gangguan bagi kesehatan tubuh secara umum.