info seputar artikel dan tips hidup sehat

Solusi Alami Saat Gusi Berdarah

tips-solusi-obat-alami-gusi-berdarah
Nikmat Sehat - Gusi berdarah atau dalam bahasa medisnya dinamakan dengan gingivitis, merupakan penyakit akibat gangguan pada mulut dan gusi. Bakteri di dalam mulut yang tidak dibersihkan secara maksimal akan terus tumbuh dan menumpuk yang mengakibatan gusi bengkak dan berdarah.

Rasa sakit akibat gusi bengkak dan berdarah membuat tidak nyaman saat makan. Kondisi paling kronis adalah tanggalnya gigi dari gusi atau dinamakan dengan istilah periodontitis. Penderita gusi berdarah biasanya melakukan pengobatan instan dengan bantuan nutrisi vitamin C yang bebas dijual di toko obat.
Awas, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umurmu Makin Pendek

Tips Atasi Gusi Berdarah dengan Obat Alami

Namun, seperti yang dilansir dalam laman boldsky.com, ada cara yang lebih alami tanpa efek samping guna mengatasi gusi bengkak dan berdarah ini. Apa saja obat alami tersebut, berikut ulasannya.

Air Garam

tips-solusi-obat-alami-gusi-berdarah
Kandungan garam sebagai obat alami tidak diragukan lagi. Sebab garam mengandung zat anti inflamasi dan anti septik yang dapat membunuh bakteri di dalam mulut. Garam juga mencegah gigi dan gusi terjadi infeksi. Caranya adalah dengan melarutkan garam secukupnya ke dalam gelas berisi air. Lalu lakukan kocokan halus di mulut. Lalu keluarkan air. Dan kumur lagi hingga air dalam gelas habis. Lakukan sebanyak 2 kali, yakni sesudah bangun tidur dan hendak bangun tidur. Pada masalah yang serius, lakukan kumuran ini setiap selesai makan.

Minyak Peppermint

Minyak peppermint juga sangat banik guna menghancurkan bakteri di dalam gigi. Selain itu, minyak ini juga baik untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Caranya adalah dengan menetesi gusi yang bengkak. Lalu diamkan beberapa saat. Sebaiknya ada rentang waktu untuk tidak makan setelah melakukan tetesan ini. 
Inilah Alasan Kenapa Asam Lambung Hilang Karena Permen Mint

Kayu Manis

tips-solusi-obat-alami-gusi-berdarah
Kayu manis juga baik untuk mengobati beragam kerusakan gigi, seperti gusi berdarah dan bau tak sedap di mulut. Caranya adalah dengan melumatkan kayu manis, lalu tempelkan ke area gusi yang bengkan tersebut.

Susu

Rutinlah minum susu untuk menambah nutrisi bagi kekuatan tulang dan gigi. Produk olahan susu kaya akan kalsium yang mampu menutup celah di gusi yang biasanya menjadi tempat tumbuh kembangnya bakteri di dalam gusi. Sehingga dengan rajin minum susu, gangguan kerusakan gigi akan manurun. 
Ladies, Kulitmu Makin Cantik dengan 5 Makanan Alami ini

Minyak Lavender

tips-solusi-obat-alami-gusi-berdarah
Produk olahan daun lavender, seperti minyak lavender selain bermanfaat untuk menghalau nyamuk di rumah, ternyata juga bagus untuk mengobati gusi berdarah. Hal ini dikarenakan minyak lavender bersifat anti bakteria. Caranya adalah dengan memijat area geraman mulut dengan mengolesi minyak ini. Efeknya dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam mulut, sehingga gigi dan gusi lebih sehat.
Deretan Makanan Bernutrisi Ini Justru Berbahaya Bagi Pencernaan Anda
Dengan tips alami di atas, anda tidak perlu jengkel lagi ketika terkena gangguan gusi bengkak dan berdarah. Tidak perlu pula berkunjung ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Cukup melakukan sendiri di rumah, gusi berdarah akan hilang.