info seputar artikel dan tips hidup sehat

Ternyata 5 Makanan Sehari-hari Ini Menyembunyikan Racun Mematikan

makanan-mengandung-racun
Nikmat Sehat -  Kebutuhan nutrisi manusia sebagian besar terkandung dari makanan yang dikonsumsi. Gizi yang cukup dan nutrisi sehat sangat dibutuhkan bagi tubuh agar tetap sehat dan tumbuh normal. Makanan umum misalnya sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan menjadi sajian sehari-hari.

Meskipun demikian, ada temuan mengejutkan yang layak akita pahami. Bahwa tidak semua makanan sehari-hari itu baik bagi kesehatan. Justru sebaliknya, ada yang bisa menimbulkan penyakit dan membahayakan bagi tubuh. Benarkah demikian.
Bukan Cuma Kopi, 5 Makanan Berkafein Ini Membuat Kamu Susah Tidur

Makanan Mengandung Racun

Daftar makanan berikut ini adalah beberaoa contoh makanans sehari-hari yang layak untuk diwaspadai karena kandungannya yang membahayakan bagi tubuh karena mengandung racun. Apa saja makanan tersebut, mari kita simak ulasannya berikut. 

1. Kentang

makanan-mengandung-racun
Dalam batang, daun dan umbi kentang mengandung racun. Terutama jika dibiarkan hingga berwarna hijau. Hal ini disebabkan karena kentang yang berwarna hijau mengandung racun glycoalkaloid dalam jumlah yang tinggi. Efek fatal akibat racun kentang berwarna hijau ini bisa berujung kematian. Gejala yang muncul adalah badan terasa lemas, mengalami kebingunan dan koma. Hendaklah waspada dengan melihat fisik kentang ini.
Waspadalah, Hal-Hal Kecil Ini Bisa Membuat Anda Tambah Gemuk

2. Ceri

Jangan terkecoh dengan penampilan buah imut berwarna merah ini. Sebab disinyalir, biji kecil yang ada di dalamnya mengandung racun yang wajib dihindari.

Biji kecil tersebut ternyata mengandung racun hidrogen sianida. Jika anda menggigit atau menelan sedikit saja, maka akan berbahaya. Bisa menyebabkan kepala pusing, mual dan muntah-muntah. Sedangkan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan gejala sesak nafas, tekanan darah naik, denyut jantung berdebar, gagal ginjal hingga koma dan bahkan bisa berakibat fatal yakni kematian. Mengerikan bukan.

3. Tomat

Sebagaimana halnya kentang, dalam batang dan daun tomat terkandung racun glycoalkaloid. Racun ini bisa menyebabkan gangguan perut yang berat. Anda harus waspada pada masakan tomat yang menyertakan batang dan daunnya pada menu bahan masakan. 
Istirahat Terganggu Karena Insomnia? Atasi dengan Makanan Ini

4. Apel

makanan-mengandung-racun
Dalam biji apel juga terkandung racun yang berbahaya bagi tubuh. Padahal banyak yang tidak mempedulikan saat mengunyah buah ini. Sehingga bijinya tergigit atau tertelan. Konsumsi sedikit memang tidak begitu berpengaruh. Akan tetapi jika mengkonsumsi secara berlebihan akan berbahaya. Karena dalam biji apel mengandung racun sianida yang tergolong mematikan. 

5. Kacang merah

Kacang merah matang jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan kacang merah mentah. Hal ini disebabkan karena kandungan racun yang terdapat di dalamnya, yakni phytohaemagglutinin atau lektin kacang merah. Senyawa kimia ini merupakan protein berbasis gula (glikoprotein) yang banyak ditemukan dalam berbagai jenis kacang-kacangan. Konsentrasi tertinggi terdapat pada kacang merah. Sehingga sebaiknya jangan terlalu memasak kacang merah ini terlalu matang agar tidak menimbulkan racun. 
Hati-hati, 7 Gejala Kanker Kulit Ini Seringkali Tak Menampakkan Diri
Bagaimana, mengejutkan bukan. Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan. Konsumsi terbaik adalah dengan bijak menggunakannya, baik sebagai bahan makanan atau sebagai makanan olahan.