info seputar artikel dan tips hidup sehat

6 Fakta Menstruasi yang Tidak Pernah Terungkap Sebelumnya

6 Fakta Menstruasi yang Tidak Pernah Terungkap Sebelumnya - Istilah menstruasi lekat dengan wanita. Islilah ini juga biasa dinamakan sebagai datang bulan, sebab memang terjadinya setiap bulan secara rutin. Menstruasi bisa jadi siklus hidup wanita. Sistem metabolisme wanita membutuhkannya untuk melancarkan perdarahan dan menjaga kesehatan wanita secara umum.

fakta seputar menstruasiBiasanya, saat menstruasi ini datang, ada beberapa hal yang mengiringinya. Entah bad mood, ilfil, mood swing atau PMS yang kesemuanya bermuara pada kondisi perubahan suasana hati. Selain berpengaruh pada dirnya, juga tak kalah memberikan dampak pada pasangannya. Pasangan dibuat sebal akan kondisi kejiwaan dan emosional wanita yang sedang mengalami menstruasi ini.

Selain informasi seperti darah kotor yang keluar, kemudian dilarang berhubungan intim saat sedang menstruasi dan juga tidak diperbolehkannya beribadah terutama bagi wanita muslimah, ternyata ada beberapa fakta lain yang sebelumnya tidak pernah ada yang mengungkapnya. Apa saja fakta menarik soal menstruasi pada wanita itu? Untuk menjawabnya, silakan simak ulasan berikut ini.

Fakta seputar menstruasi pada wanita

1. Nyenyak dan rileks

Jika selama ini banyak yang menganggap bahwa wanita akan mudah uring-uringan atau marah saat menstruasi, maka hal ini dibantah dengan temuan yang menyebutkan ketika wanita mengalami menstruasi, maka tubuhnya akan menurunkan produksi progesterone. Tahapan seperti ini membuat wanita bisa tidur nyenyak dan mudah rileks.

2. Darah keluar

Berapa banyak darah yang keluar dari tubuh wanita saat menstruasi? Hasil study menyebutkan, bahwa darah yang keluar hanya sekitar 2 gelas atau cangkir saja setiap terjadi siklus menstruasi. Ini menolak anggapan bahwa saat menstruasi terjadi, darah yang keluar sangat banyak.

3. Waktu

Kapan wanita pertama kali mengalami menstruasi dan kapan pula berhenti darinya? Hasil penelitian menyebutkan, saat pertama kali menstruasi rata-rata wanita berumur 12 tahun dan berhenti mengalaminya pada umur 50 tahun.

4. Suara

Ada temuan menarik seputar suara wanita saat menstruasi. Ternyata, wanita mengeluarkan suara yang lebih feminim dan seksi saat mereka mengalami menstruasi. Tentunya sangat menarik bagi pasangannya. Di saat yang bersamaan mereka agak sebal dengan kondisi emosi yang berubah dari wanita pasangannya, namun di saat yang sama, justru wanita menunjukkan sisi seksi dirinya dari suara yang dikeluarkannya.

5. Hamil

Ternyata menstruasi tidak menghalangi pembuahan ovarium dengan sperma. Sehingga jika melakukan hubungan intim pada saat menstruasi, masih bisa hamil. Terutama jika melakukannya pada akhir masa menstruasi. Hal ini disebabkan karena sperma bisa hidup di dalam vagina hingga seminggu lamanya. Namun tentu tidak berlaku bagi kaum muslim yang melarang hubungan seks saat menstruasi dengan pasangan hidupnya.

6. Payudara

Saat mengalami menstruasi, ada fakta yang menarik pula. Yakni payudara sedikit terasa nyeri, dan mudah lembut jika dipegang serta mudah pula mengembang. Kondisi inilah yang bisa menjadi parameter anak remaja yang mulai pubertas. Siap untuk tumbuh menjadi wanita dewasa.

Masih adakah fakta lain seputar menstruasi wanita yang belum pernah terungkap? Jika demikian, silakan ikut membagikannya melalui kolom komentar yang ada.

No comments:

Post a Comment