info seputar artikel dan tips hidup sehat

Awas, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umurmu Makin Pendek

Awas, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umurmu Makin Pendek
Nikmat Sehat - Perlahan tapi pasti, setiap aktifitas sehari-hari sebenarnya mempengaruhi kehidupan manusia secara umum. Termasuk diantaranya kesehatan, umur panjang, awet muda, cepat tua dan sebagainya. 

Ada aktifitas sehat yang baik untuk tubuh. Namun tidak sedikit pula perilaku tidak sehat yang dapat menimbulkan bencana bagi tubuh, bahkan hingga dapat mengakibatkan kematian.

Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umur Makin Pendek 

Bahasan kali ini adalah menelaah kebiasaan sehari-hari apa saja yang membuat umur makin pendek, alias cepat mati. Berikut uraiannya.

Rekomendasi Bacaan Suka Minuman Bersoda? Mulai Sekarang Berhati-hatilah

#1. Tidak Menjaga Kebersihan 

Secara umum, perilaku seseorang dalam memelihara kebersihan dapat menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar. Kebiasaan seperti lupa menutup sabun mandi, tetap memakai baju kotor, kurang rajin menyapu lantai dan halaman dan sebagainya.

#2. Terlalu Sesering Nonton TV

Radiasi negatif yang terpancar dari layar monitor TV bisa mempengaruhi kesehatan mata, kecerdasan otak dan anggota tubuh lainnya. Apalagi jika acara yang diputar sangat digemari, sehingga fokus penglihatan hanya pada layar TV. Sebaiknya batasi waktu nonton TV dalam sehari hanya beberapa menit atau jam saja. Jangan terlalu berlebihan.

#3. Konsumsi Garam Berlebihan

Awas, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umurmu Makin Pendek
Hambar rasanya jika masakan tidak dicampur garam di dalam bumbu resepnya. Cita rasa yang dikeluarkan memang sangat kental di lidah. Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa kadar garam yang tinggi pada masakan dan olahan bisa menyebabkan tekanan darah meningkat yang jika tidak dikendalikan bisa berakibat fatal. Yakni penyakit jantung. Untuk itu, batasi kadar garam dalam setiap memasak atau dengan membatasi konsumsi makanan jajanan.

Hah, Kebiasaan Ringan Ini Menjadi Penyebab Tubuh Gendut?

#4. Menggigiti Kuku

Pada sebagian orang, perilaku menggigit kuku biasanya tidak dilakukan dalam keadaan terjaga, alias secara spontan saat kondisi emosi tertentu, seperti resah, gelisah, berpikir berat dan sebagainya. Padahal perilaku ini bisa menyebabkan terpindahnya bakteri di balik kuku masuk ke dalam tubuh. Selain itu pula, kebiasaan ini tampak tidak etis jika terlihat di hadapan publik.

#5. Tidak Sarapan

Banyak orang yang melewatkan waktu makan pagi atau sarapan. Padahal sarapan pagi sangat penting bagi kekuatan dan metabolisme tubuh. Jika tidak makan sarapan, berarti kadar metabolisme tubuh jadi menurun yang berakibat sistem kekebalannya juga melemah. Untuk itu, lalui pagi dengan makan setidaknya sepotong roti dan susu hangat agar tubuh tambah bugar.

#6. Ngemil di Malam Hari

Awas, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Membuat Umurmu Makin Pendek
Lain halnya di waktu malam. Justru ada sebagian orang yang masih sempat makan sebelum tidur. Entah makan malam atau hanya ngemil makanan kecil saja. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, bahwa malam hari sebelum tidur bukanlah waktu yang tepat untuk makan. Apalagi sesaat menjelang tidur. Jika hal ini tetap saja dilakukan, maka efek terganggunya metabolisme tubuh makin besar. Akibatnya mudah memicu penyakit lainnya.

Rutinitas Diet yang Anda Lakukan Sebelum Tidur Agar Tetap Langsing

#7. Tidak Flossing

Flossing di waktu menyikat gigi ternyata sangat penting dilakukan. Rutin melakukannya akan memperkuat jantung. Sebaliknya, jika tidak, ada kemungkinan terjangkit penyakit jantung. Bahkan dalam sebuah studi penelitian menyebutkan, seseorang yang rajin melakukan flossing akan menambah umur hingga 6 tahun.

Bagaimana pendapatmu mengenai soal kebiasaan sehari-hari di atas. Sudah semestinya mulai dari sekarang tidak menganggap sepele apapun yang terjadi dan dilakukan pada setiap hari.