info seputar artikel dan tips hidup sehat

Cari Tahu Apa Saja yang Menyebabkan Lengan Bergelambir

faktor-penyebab-lengan-bergelambir
Bagi anda yang memetingkan penampilan fisik, setiap inci tubuh senantiasa diperhatikan. Bahkan menjadi hal yang penting untuk terus dirawat agar tetap sehat dan dalam kondisi proporsional.

Satu hal yang kerap luput dari perhatian adalah bagian lengan. Padahal jika dicermati baik-baik, lengan bisa menjadi tempat tumpukan lemak di dalam tubuh. Hal yang tidak disangka karena biasanya lemak terkonsentrasi di area perut dan pinggang.

Maka jangan salah bila lengan tidak dirawat seperti halnya bagian tubuh lainnya, kekencangannya menurun dan terbentuk gelambir yang mudah bergoyang. Penampilan jadi kurang menarik lagi. 

Faktor Penyebab Lengan Bergelambir

Nah, sebenarnya apa saja yang menyebabkan lengan tangan bergelambit itu. Laman thehealthsite.com memberikan ulasan yang menarik. 

Perubahan Hormon

Perubahan hormon di dalam tubuh bisa menyebabkan turunnya metabolisme tubuh yang dapat mempermudah bertumpuknya lemak. Perubahan ini biasa terajadi pada periode umur menopause dan masa pubertas bagi remaja.

Obesitas

faktor-penyebab-lengan-bergelambir
Kegemukan alias kelebihan berat badan atau biasa diistilaihkan sebagai obesitas merupakan faktor utama munculnya gelambir di lengan tangan. Saat berat badan tinggi, tumpukan lemak akan merata di seluruh bagian tubuh. Termasuk lengan tangan.

Usia Tua

Sebuah study penelitian menyebutkan bahwa usia 30 tahun adalah usia dimana masa lemak tubuh meningkat. Selain itu otot tidak lagi kencang, sehingga terjadi enkapsulasi lemak yang menyebabkan kulit bergelambir yang terjadi bagian tubuh, termasuk lengan tangan. Semakin tua, gelambir akan makin banyak di seluruh bagian tubuh.

Kurang Beraktivitas

Bagi orang yang tidak banyak bergerak dalam kesehariannya, akan mudah mempertahan lemak di tubuh. Termasuk area lengan tangan yang akhirnya muncul gelambir.

Kurang Olah Raga

faktor-penyebab-lengan-bergelambir
Semakna dengan kurangnya aktivitas, seseorang yang tidak rajin dan bahkan tidak pernah melakukan olah raga, besar kemungkinan akan mudah terkumpul lemak di dalam tubuhnya. Bagian lengan menjadi tempat menumpuknya lemak sehingga terlihat bergelambir.

Hal mudah yang wajib dilakukan agar tidak muncul gelambir di lengan tangan adalah dengan rutin berolah raga khususnya untuk latihan tangan. Seperti mengangkat barbel, sit up, badminton, tenis lapangan dan lain-lain.