info seputar artikel dan tips hidup sehat

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menikmati Secangkir Kopi

waktu-tepat-minum-kopi
Para penikmat kopi tak akan rela jika sehari saja tanpa minum kopi. Terasa hari berjalan tidak sempurna bila belum menyeruput secangkir kopi.

Ada banyak manfaat yang dapat diambil dari minuman hitam kental ini. Diantaranya adalah mencegah diabetes, menurunkan resiko kanker hingga menambah enegri bagi tubuh. Akan tetapi tetap saja, secangkir kopi bisa berdampak buruk bila tidak memperhatikan kandungan kafein di dalamnya.
Waspadalah, Hal-Hal Kecil Ini Bisa Membuat Anda Tambah Gemuk
Selain kandungan manfaat di dalamnya, sebaiknya tetap memperhatikan waktu yang tepat saat mengkonsumsi kopi. Tidak serta merta bangun tidur langsung minum. Namun perlu memperhatijan aspek yang mempengaruhinya.

Waktu yang Tetap Menikmati Secangkir Kopi

Nah berikut pilihan waktu yang tepat agar kopi tidak berdampak buruk bagi kesehatan dan sebaliknya akan memberikan manfaat bagi tubuh.

Sejam Setelah Bangun Tidur

waktu-tepat-minum-kopi
Kebiasaan yang berkembang dari para penikmat kopi adalah menikmati kopi segera setelah bangun tidur di pagi hari. Padahal itu adalah waktu yang salah buat mengkonsumsi kopi.
Ladies, Kulitmu Makin Cantik dengan 5 Makanan Alami ini
Hal ini disebabkann karena saat bangun tidur, tubuh memproduksi hormon cortisol atau terkenal dengan hormon stress. Hormon ini adalah peningkat energi alami yang dimiliki tubuh. Berfungsi untuk memberikan energi pada seluruh organ tubuh untuk mulai bekerja dan berfungsi.

Ketika minum kopi langsung setelah bangun tidur, itu berarti akan sia-sia saja. Sebab secara alami tubuh sudah bereaksi untuk bekerja. Sebaiknya tunggu satu jam ketika hormon pemicu energi tubuh mulai menurun.

Misalnya jika anda bangun jam 4 pagi, maka minum kopi setelah jam 5 pagi. 

Siang Hari

Hormon cortisol selanjutnya akan terproduksi oleh tubuh pada pertengahan hari, sekitar jam 12 siang saat terik matahari. Sehingga minum kopi di sekitar jam-jam ini, juga akan sia-sia belaka. Karena tubuh secara alami sudah beraksi untuk bekerja. Sebaiknya tunggu 2 jam selanjutnya untuk mengkonsumi kopi. Yakni sekitar pukul 2 siang.
Jangan Panik, Saat Anak Anda Mimisan Atasi dengan Cara Alami Ini

Sore Hari

Minum kopi di sore hari sekitar pukul 3 sampai jam 5 sore baik untuk menghidari gangguan insomnia atau sulit tidur. Karena jam-jam ini adalah jarak yang ideal untuk bisa beristirahat malam dengan baik. 

Senja Hari

waktu-tepat-minum-kopi
Saat senja hari, sekitar pukul 6 hingga pukul 7 malam, tubuh kembali memproduksi hormon cortisol. Sehingga minum kopi di waktu-waktu ini tidak dianjurkan. Selain sia-sia, tentu saja akan membuat tubuh susah tidur setidaknya 6 jam selanjutnya.

Artinya jika minum kopi jam 7 malam, kemungkinan bisa tidur malam pada pukul 1 tengah malam. Tentu saja itu merupakan jadwal waktu istirahat yang tidak ideal.
Cara Alami Menghilangkan Jerawat dengan Cepat
Itulah waktu-waktu kapan saja yang baik saat minum kopi. Selamat menikmati.

No comments:

Post a Comment