info seputar artikel dan tips hidup sehat

Fakta Soal Uban yang Tidak Banyak Diketahui Orang

fakta-uban
Nikmat Sehat - Uban atau rambut yang berwarna putih identik dengan umur seseorang. Makin tua, makin banyak ubannya, demikianlah yang sering orang katakan. Padahal tidak semua orang tua memiliki banyak uban. Sebaliknya, tidak sedikit pula anak muda yang sudah memiliki banyak uban. Sehingga adanya uban bukan tentang umur.

Demikian halnya, bahwa hadirnya uban di kepala bukan menjadi pengurang penampilan. Sudah banyak orang bahkan artis ternama yang membiarkan rambut putihnya nampak sebagai bagian dari estetika penampilan.
Ajib, Inilah Cara Alami Sembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Fakta Tentang Uban

Dan masih ada beberapa fakta tentang uban. Berikut diantara fakta dan misteri uban yang tidak banyak diketahui orang.

Akar Rambut

Banyak orang tidak menyangka, bahwa sebenarnya warna putih pada rambut adalah warna akar rambut, bukan rambutnya. Sedangkan warna hitam, pirang, merah dan coklat merupakan warna dari pigmen melanin yang muncul seiring pertumbuhan rambut. Sedangkan akar tetaplah berwana putih.
fakta-uban
Nah ketika umur menua, maka sel-sel yang berfungsi untuk memproduksi pigmen melanin tersebut perlahan mati. Lalu tumbuhlah rambut sesuai warna aslinya, yakni warna keputihan atau abu-abu.
Sangat Mengejutkan, Inilah 10 Manfaat Tak Terduga Dari Segelas Jus Kubis

Gaya hidup

Gaya hidup sangat mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum. Demikian halnya dengan pertumbuhan uban di kepala. Gaya hidup yang tidak sehat dan kurang terkontrol menyebabkan uban tumbuh dengan cepat. Jika anda sering melakukan aktivitas seperti merokok, pola makan tidak teratur, depresi, stres berlebihan dan sebagainya, maka perhatikanlah di kepala anda akan mudah ditumbuhi uban.

Asupan Gizi

Selain gaya hidup, asupan gizi dan nutrisi dalam tubuh juga berpengaruh. Khusus untuk pertumbuhan uban dan penuaan dini adalah kurangnya tubuh akan asupan vitamin B12. Sehingga, tambah nutrisi B12 setiap hari agar uban tidak segera muncul di kepala.
Meski Sepele, Sinyal Tubuh Ini Menunjukkan Gejala Serangan Kanker

Mencabut Uban

fakta-uban
Terdapat mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa dengan mencabut uban, maka akan mudah tumbuh uban yang lebih banyak. Hal ini tidaklah benar. Sebab setiap folikel pada akar rambut hanya mampu menumbuhkan satu rambut. Jika mencabut satu rambut, maka folikel yang lain tidak akan menumbuhkan uban.

Penyebab Utama

Tidak bisa tidak, bahwa faktor utama tumbuhnya uban di kepala adalah faktor usia. Semakin tua, akan muncul uban di kepala. Hal ini disebabkan karena sel penghasil pigmen rambut kala usia makin tua akan mati. Sehingga mudah sekali tumbuh uban.
13 Fakta Erotis Saat Wanita Orgasme, Pria Wajib Tahu
Bagaimana menurut anda. Adakah fakta yang belum anda ketahui lagi tentang uban.