info seputar artikel dan tips hidup sehat

Cara Alami Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

cara-alami-menghilangkan-jerawat
Nikmat Sehat - Jerawat termasuk penyakit kulit. Biasanya muncul di sekitar kulit bagian wajah,leher, dada, punggung hingga perut. Gejalanya ditandai dengan munculnya bintil-bintil di kulit yang berwarna hitam dan putih, kulit berminyak dan disertai panas.

Bintil hitam jerawat bisa menimbulkan bekas luka. Bekas luka inilah yang kemudian susah untuk dibersihkan. Celakanya, justru area wajah yang lebih sering terkena jerawat. Sehingga menimbulkan masalah baru, seperti kurang pede akibat wajah yang tidak lagi mulus.

Jerawat bisa dialami oleh pria dan wanita. Umumnya para remaja umur 14 hingga 19 tahun lebih sering mengalaminya. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi selama masa puber yang mengakibatkan produksi kelenjar minyak kulit meningkat pada folikel rambut di kulit.
Ladies, Kulitmu Makin Cantik dengan 5 Makanan Alami ini
Kelenjar minyak yang berlebihan akan bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Akhirnya muncullah bakteri Propionobacterium acnes yang menjadi penyebab jerawat berkembang pesat. 

Upaya Pencegahan Jerawat

Untuk mencegah munculnya jerawat, anda bisa mengantisipasinya dengan melakukan tindakan-tindakan seperti berikut.

- Senantiasa menjaga kulit di area yang sering mengalami jerawat, seperti wajah dan leher.
- Lakukan pembersihan di area tersebut dengan meggunakan sabun pembersih wajah rutin setiap hari.
- Gosok lembut di area berjerawat, usahakan jangan sampai terlalu keras agar tidak terjadi iritasi atau menimbulkan goresan luka.
Buah-buahan Ini Bikin Kulitmu Putih Bersinar

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Beragam cara mungkin telah anda lakukan. Segala macam obat luar dan dalam juga telah dicoba, akan tetapi tetap saja jerawat tidak mau pergi. Bahkan tumbuh lebih banyak. Pengobatan yang dilakukan juga sudah cukup menguras kantong, dari konsultasi dokter kulit dan kecantikan, hingga perawatan kulit.

Nah, jika anda kesulitan dalam menghilangkan jerawat tersebut, dan terasa hampir putus asa, maka berikut ada beberapa cara alami yang bisa anda coba. Ingat, bahwa cara ini benar-benar alami tanpa efek samping sebagaimana halnya memakai cara kimiawi dalam obat.

Mentimun

cara-alami-menghilangkan-jerawat
Buah lonjong panjang ini terkenal mengandung vitamin A dan C serta magnesium. Zat yang sangat baik untuk menjaga kulit. Caranya adalah dengan mengiris tipis-tipis, lalu tempelkan irisan tersebut di bekas jerawat. Biarkan dalam keadaan demikian selama setengah jam. Akhiri dengan membilas wajah dengan air dingin.
6 Fakta Menstruasi yang Tidak Pernah Terungkap Sebelumnya

Lemon

Lemon memiliki kandungan alfa hidroksi acid atau AHA yang bisa digunakan untuk merevitalisasi kulit dan menghilangkan bintil flek hitam bekas jerawat. Caranya dengan memeras lemon, lalu oleskan hasil perasan tersebut pada area bekas jerawat. Kemudian diamkan sampai kering. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk menambah kelembaban kulit, anda bisa memakai krim pelembab. Lakukan cara ini setiap dua hari sekali untuk hasil yang lebih optimal.

Lidah Buaya

Lidah buaya terbilang merupakan tumbuhan yang kaya manfaat. Selain dapat digunakan untuk makanan dan pembersih rambut, lidah buaya juga dapat dipergunakan untuk menghilangkan bekas luka jerawat. Kandungan zat aolesin di dalamnya dapat menghambat pembentukan melanin yang mempercepat gelapnya kulit. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengupas kulit lidah buaya, lalu ambil gelnya, kemudian haluskan secara merata. Lalu oleskan ke area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit. Kemudian setelah itu, bilas dengan air hangat.
Rutinitas Diet yang Anda Lakukan Sebelum Tidur Agar Tetap Langsing

Kentang

cara-alami-menghilangkan-jerawat
Kentang mengandung mineral dan vitamin yang mampu menyembuhkan kulit. Anda bisa mengandalkannya untuk menghilangkan bintil atau flek hitam bekas jerawat. Caranya adalah dengan mengiris tipis-tipis kentang, lalu tempelkan irisan tersebut pada bekas jerawat. Lalu biarkan selama kurang lebih 10 menit. Akhiri dengan basuhan air bersih ke wajah. Lakukan cara ini setiap dua hari sekali. Pada kondisi parah, bisa anda lakukan setiap hari sekali.

Baking Soda

Umumnya, baking soda dipakai untuk membuat kue. Namun bahan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Kristal sodium bicarbonat di dalamnya berfungsi untuk memgangkat kulit mati. Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda sebanyak 1 sendok dengan air secukupnya hingga mengental. Lalu oleskan campuran tersebut ke area bekas jerawat. Iringi dengan pijitan lembut. Setelah selesai, basuh wajah dengan air bersih dan hangat. Anda bisa pula mengoleskan pelembab alami seperti minyak zaitun.
Waspada Diare, Hindari Konsumsi Makanan Ini Saat Perut Kosong

Gula

Gula tebu bisa anda andalkan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Gunakan sebagai scrub. Gula tebu sendiri memiliki kandungan asam alfa hidroksi dan asam glikolat yang baik untuk membersihkan kulit serta meningkatkan pembentukan jaringan sel baru. Caranya adalah dengan mamdukan antara gula, minyak zaitun dan jus lemon. Campur secara merata. Lalu gunakan sebagai secrub di area bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit. Akhiri dengan membilas wajah menggunakan air hangat. Untuk menjaga kelembabannya, bisa pula anda gunakan pelembab. Untuk hasil yang lebih baik, aplikasikan campuran tersebut sebanyak 2 hari sekali.

Madu

cara-alami-menghilangkan-jerawat
Madu mengandung zat antibiotic yang baik untuk mrncegah kulit terinfeksi radang pada jerawat. Anda dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan madu ke area bekas jerawat. Biarkan sampai madu benar-benar kering. Setelah itu, basuh dan bilas wajah dengan air hangat.

Bawang Putih

Tidak hanya bagus untuk penambah cita rasa masakan, bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Senyawa Thiacremon sulfur di dalamnya mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih. Lalu oleskan secara merata di area bekas jerawat. Diamkan selama 5 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.
Bagus buat Diet, Kenali Buah-buahan yang Bisa Mempercepat Rasa Kenyang

Es batu

Jangan salah, ternyata es batu pun bisa dipergunakan untuk menghilangkan jerawat. Pori-pori kulit bisa mengecil karena sifat dinginnya. Selain itu juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit. Caranya sangatlah mudah, cukup mengoleskan es batu ke area jerawat. Biarkan beberapa menit.

Tomat

cara-alami-menghilangkan-jerawat
Kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah tomat sangat baik untuk kekencangan kulit. Baik pula untuk menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan mengiris tipis-tipis buah tomat. Lalu tempelkan irisan tersebut ke bekas jerawat. Tunggu selama 15 menit. Akhiri dengan membilas wajah menggunakan air bersih.
Bukan Cuma Kopi, 5 Makanan Berkafein Ini Membuat Kamu Susah Tidur
Siapa pun boleh berjerawat. Tetapi tenang saja, karena siapapun bisa menghilangkannya. Dengan cara alami yang telah disebutkan di atas. Demikian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Demikianlah beberapa cara alami menghilangkan bekas jerawat yang lebih aman dan hemat bagi Anda. Semoga bermanfaat.