info seputar artikel dan tips hidup sehat

Jangan Panik, Saat Anak Anda Mimisan Atasi dengan Cara Alami Ini

cara-alami-mengatasi-mimisan
Nikmat Sehat - Mimisan adalah kejadian yang salah yang dialami oleh tubuh dalam merespon metabolisme. Gejala yang terjadi adalah munculnya darah dari dalam hidung sebagai respon atas kondisi tubuh seseorang.

Mimisan sering kali dialami oleh anak-anak. Terutama saat mereka kelelahan. Tiba-tiba darah mengucur deras dari dalam hidung. Tidak sedikit dari mereka ketakutan atas apa yang terjadi pada dirinya, akibat darah yang keluar dari hidung. Sedangkan bagi yang lain, mimisan merupakan hal janggal baginya.

Sebagai orang tua, melihat anak mimisan tentu membuat miris dan merasa khawatir. Bahkan sebagian ibu-ibu sangat ketakutan. Kemudian saking khawatirnya, mereka harus rela mengantar anak kesayangannya ke rumah sakit. Padahal sebenarnya mimisan ini bisa dikendalikan tanpa harus dilakukan oleh tim medis atau dokter.
Manfaat Sarapan Pagi dan Tips Menyiapkannya Bagi Anak

Cara Alami Mengatasi Mimisan

Kita pun bisa melakukannya. Jangan terlalu panik saat melihat anak mimisan. Berikut cara alami yang dapat anda lakukan jika mengetahui si buah hati mengalami mimisan.

Air Mengalir

cara-alami-mengatasi-mimisan
Saat mengalami mimisan, manfaat aliran air bersih dari kran atau yang lainnya untuk menghentikan mimisan. Efek kesegaran akan menurunkan peradangan hidung dan menyumbat keluarnya darah. Lakukan cara ini dengan lembut, agar tidak terjadi lecet atau iritasi berlanjut pada hidung.

Cuka

Anda bisa memanfaatkan air cuka untuk menghentikan darah akibat mimisan. Caranya adalah dengan mencelupkan kapas ke dalam cuka. Bersihkan hidung dari darah yang menempel. Lalu sumbat hidung dengan kapas yang telah dicelup cuka tadi. Diamkan sebentar, niscaya darah mimisan akan segera berhenti mengalir. 
Migrain Bukan Sakit Kepala, Benarkah? Inilah Fakta Keliru Seputar Migrain

Garam

Mimisan juga bisa disebabkan oleh karena iritasi di hiidung. Sehingga cara yang tepat untuk menghambat iritasi tersebut adalah menggunakan garam. Anda bisa mencampur garam satu sendok teh ke dalam segelas air hangat. Kemudian gunakan air campuran tersebut untuk membasuh hidung. Beberapa saat, mimisan akan terhenti. 

Es

cara-alami-mengatasi-mimisan
Manfaat es bagi hidung mimisan adalah sebagai penghambat aliran darah, meredakan peradangan dan menenangkan pembuluh darah. Anda bisa langsung menempelkan bongkahan es ke hidung. Atau bisa pula dengan menghancurkan es, lalu dimasukkan ke dalam kantong plastik. Lalu gunakan kantong plastik berisi es tersebut untuk kompres hidung.
Hebat, Ternyata Rempah-rempah Ini Bisa Untuk Mencegah Kanker

Menekan Hidung

Cara paling mudah dan efisien saat bahan-bahan di atas tidak berada di sekitar anda adalah dengan cara menekan hidung. Tekan beberapa kali untuk memastikan darah tidak lagi keluar. 

Konsumsi Vitamin C

cara-alami-mengatasi-mimisan
Anda bisa mencegah mimisan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, bisa buah-buahan, sayuran atupun tablet vitamin C yang bisa dibeli di apotek. Vitamin C sangat baik guna membentuk kolagen di hidung yang bagus guna mencegah mimisan.
Meski Telah Dewasa, Anda Tetap Harus Minum Susu, Ini Alasannya
Nah, sekarang tidak perlu panik lagi. Manfaatkan bahan-bahan alami di sekitar anda untuk mencegah dan menyumbat darah akibat mimisan. Semoga bermanfaat.