info seputar artikel dan tips hidup sehat

Makna 10 Suara yang Muncul dari Dalam Tubuh

tanda suara dalam tubuhNikmat Sehat - Inilah sisi menariknya tubuh manusia. Tuhan menciptakan dengan begitu sempurna. Tidak hanya jaminan kesehatan saja, akan tetapi perlindungan akan bahaya yang datangnya dari luar tubuh pun sudah disiapkan sedemikian rupa.
Bahkan saat gangguan penyakit hendak datang, tubuh pun memberikan tanda. Ibarat alarm untuk mengingatkan akan gangguan yang sedang mengancam.

Makna suara yang muncul dari dalam tubuh

Dan salah satu diantara fakta unik ‘alarm’ ini adalah munculnya suara dari dalam tubuh yang notabene bisa dijadikan sumber informasi tentang kondisi dalam tubuh. Penasaran mengenai suara-suara tersebut? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Perut bergemuruh

Suara perut bergemuruh biasa terjadi saat perut kosong dan dalam kondisi lapar. Saat perut kosong, yang ada dalam perut adalah cairan dan gas yang bergerak-gerak di sekitar lambung dan usus. Hal inilah yang menyebabkan suara gemuruh itu datang.

2. Telinga berdenging

makna-suara-dari-tubuh
Telinga berdenging atau dalam istilah lain disebut tinnitus bukan masalah berarti bagi kesehatan tubuh. Namun Anda patut mewaspadai jika suara dengingan ini berlangsung selama lebih dari satu hari.

Warning, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Keriput

3. Cegukan

Cegukan juga biasa terjadi saat setelah makan. Hal ini disebabkan oleh kondisi kejang pada diafragma pernafasan. Kemudian secara tiba-tiba berhenti. Solusi yang bisa dilakukan adalah minum banyak air putih. Atau bisa pula dengan cara menghirup udara melalui mulut sedalam-dalamnya, lalu tahan dan keluarkan perlahan-lahan.

4. Sendawa

Suara ini biasanya terjadi setelah makan dan minum seteguk air. Suara sendawa ini berasal dari suara yang keluar dari perut.

5. Bersin

makna-suara-dalam-tubuh
Dalam study pengetahuan, bersin adalah salah satu upaya tubuh mengeluarkan virus dari dalam tubuh yang sedang menginfeksi. Biasanya dibarengi dengan flu atau pilek.

6. Mendengkur

Mendengkur adalah kondisi tubuh yang mengalami kesulitan mengatur pernafasan saat tidur. Segera konsultasikan kondisi ini jika kebiasaan ini bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda.

7. Napas berat

Nafas Anda terasa berat, terdengar sesak dan sulit bernafas? Hal itu menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami peradangan pada paru-paru.

8. Sendi gemeretak

makna-suara-dalam-tubuh
Suara gemeretak sendi adalah akibat cairan di dalam sendi yang dapat membentuk semacam gelembung yang akan berbunyi jika digerak-gerakkan. Akan tetapi jika suara gemeretak ini diiringi dengan rasa sakit, maka segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan selanjutnya.

Jangan Lakukan 5 Aktifitas Ini Setelah Joging

9. Suara di vagina

Suara seperti kentut di vagina terkadang muncul saat melakukan hubungan intim. Anda tidak perlu khawatir, sebab suara ini berasal dari gelembung udara yang terperangkap saat penetrasi. Dan bukan masalah yang serius.

10. Kentut

Kentut yang belebihan menandakan sistem pencernaan sedang melakukan aktifitasnya dalam mencerna makanan yang kelebihan serat.
Dengan mengetahui gejala-gejala gangguan penyakit dari suara tubuh, diharapkan sejak dini kita dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di dalam tubuh.

Demikian beberapa suara-suara yang keluar dari dalam tubuh sebagai tanda munculnya gangguan kesehatan dalam tubuh. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi yang menarik.