info seputar artikel dan tips hidup sehat

Kenali Gejala Tubuh yang Menandakan Anda Butuh Air Segera

Kenali Gejala Tubuh yang Menandakan Anda Butuh Air Segera - Banyak orang yang menganggap bahwa haus adalah sinyal ketika butuh air. Hal ini tidak ada yang menyangkalnya. Orang haus, pasti butuh air. Paling tidak untuk menghilangkan rasa haus dan menyegarkan tubuhnya. Dan juga untuk menambah cairan yang ada di dalam tubuh agar tidak dehidrasi.

gejala tubuh kurang air

Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa tanda yang diberikan saat kekurangan cairan selain dahaga? Jika Anda penasaran, mari kita simak paparan informasi berikut ini.

Gejala yang menandakan butuh air segera

Sakit kepala

Kekurangan cairan tubuh juga bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini dikarenakan kurangnya oksigen dalam darah yang mengalir tidak lancar ke area atas tubuh, terutama kepala. Jika demikian, kinerja otak tidak optimal dan mudah loyo.

Mulut kering

Gejala paling nampak yang diperlihatkan jika seseorang kekurangan cairan adalah terlihat kering di sekitar mulut dan bibir. Maka ada baiknya bagi Anda untuk tetap menyediakan air di dalam botol dalam setiap aktifitas harian Anda. Namun jika Anda sedang menjalani ibadah puasa, maka Anda bisa membasahinya saja dengan cara mengoleskan air di permukaan bibir. Dengan bibir yang basah, penampilan akan tetap terjaga selain tentunya cara ini tidak membatalkan puasa yang Anda lakukan.

Kulit kering

Tidak dapat disangkal bahwa hanya kulit yang memiliki area permukaan yang paling luas di dalam tubuh. Sehingga apabila tidak dijaga, maka masalah dan keluhan kesehatan tubuh akan muncul. Dan jika kulit Anda kering, maka itu sebagian tanda bahwa Anda butuh air segera. Jika dibiarkan, akan mudah muncul jerawat akibat kesulitan saat berkeringat. Sehingga kotoran di dalam kulit tidak bisa keluar.

Mengantuk

Rasa kantuk berawal dari kondisi badan yang lemah akibat kurang tidur dan akibat lainnya. Termasuk pula kurangnya cairan dalam tubuh. Jika Anda sering mudah mengantuk meski telah cukup tidur, ada baiknya Anda minum air putih secara rutin dan banyak. Paling tidak kesegaran yang ditimbulkan saat minum air putih akan melawan rasa kantuk.

Sembelit

Sembelit adalah salah satu masalah pada sistem pencernaan. Penyakit ini terjadi karena usus menggunakan air disaat usus halus memerlukannya untuk mencerna makanan. Maka kemudian berakibat pada masalah pencernaan yang dinamakan sembelit ini. Dan salah satu solusi untuk mengatasi sembelit ini adalah banyak minum air. Sebab, saat sembelit, tubuh kekurangan cairan.

Mata merah dan kering

Kondisi fisik lainnya yang menampakkan bahwa Anda kekurangan cairan adalah mata terlihat berwarna merah dan cenderung kering. Jika tidak segera diantisipasi, akan menyebabkan kantung mata yang melebar. Tentu akan mengganggu penampilan Anda jika tidak segera diatasi.

Nyeri sendi

Area sendi merupakan tempat yang membutuhkan banyak air untuk pelumas. Jika kekurangan, maka akan timbul masalah. Yakni nyeri sendi dan mudah lelah serta loyo. Antisipasi semua gejalanya dengan banyak minum air putih.

Demikian gejala-gejala yang bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk mendeteksi kondisi badan Anda. Apakah sedang mengalami kekurangan cairan ataukah tidak.

Demikian ulasan seputar gejala-gejala tubuh yang menandakan butuh air segera. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment