info seputar artikel dan tips hidup sehat

Gawat, Makanan Ini Jadi Racun Bila Dipanaskan Kembali

Gawat, Makanan Ini Jadi Racun Bila Dipanaskan Kembali
Nikmatsehat.xyz - Memasak adalah aktifitas yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Sebab dari memasaklah makanan bisa dibuat. Kemudian menjadi tambahan nutrisi bagi tubuh.

Adakalanya, masakan yang kita buat habis dalam sehari. Akan tetapi terkadang ada yang tersisa. Jika ingin dibuang, sayang. Tentu pilihan yang bisa dilakukan adalah dengan cara dimasukkan kedalam kulkas untuk dihangatkan kembali esok hari. Atau disimpan setelah sebelumnya dihangatkan.


Nah, bagi Anda yang pernah melakukan hal tersebut, maka sebaiknya mulai sekarang harus waspada. Sebab ternyata, ada beberapa makanan yang tidak baik bila dipanaskan kembali. Bahkan lebih dari itu, makanan tersebut bisa berubah jadi racun. Benarkah demikian? Selengkapnya mari kita simak ulasan berikut ini.

Makanan yang dilarang dipanaskan kembali

Jamur

Sifat ptotein dalam jamur yang mudah memburuk dan rusak saat dipanaskan kembali adalah alasan kenapa makan jamur harus secara langsung. Tidak diperkenankan dimasak kembali. Protein yang rusak tersebut menjadi racun bagi pencernaan.

Kentang

Jika Anda suka kentang goreng atau olahan makanan dari kentang lainnya, sebaiknya jangan dipanaskan kembali. Memanaskan masakan kentang akan memunculkan bakteri berbahaya yang bernama botulism. Bakteri ini tidak bisa mati dengan pemanasan apapun.

Nasi

Sebuah study penelitian menyebutkan, menyimpan nasi yang telah masak dalam kondisi suhu kamar akan menumbuhkan spora dari bakteri yang berbahaya. Saat nasi tersebut dipanaskan kembali, maka spora itu akan berkembang biak dan menjadi racun yang dapat menyebabkan keracunan makanan, mual, mutah-muntah hingga diare.

Telur

Gawat, Makanan Ini Jadi Racun Bila Dipanaskan Kembali
Hampir mirip dengan jamur. Saat memanaskan masakan telur, maka kandungan protein di dalamnya akan rusak dan menciderai pencernaan.

Bayam

Sayuran hijau nan kaya serat dan nutrisi ini justru sangat berbahaya jika dipanaskan kembali. Saat dipanaskan, nitrat yang terkandung di dalamnya berubah jadi racun yang bersifat karsinogenik.

Seledri

Gawat, Makanan Ini Jadi Racun Bila Dipanaskan Kembali
Senada dengan bayam, seledri pun juga akan merubah nitrat yang dikandung di dalamnya kemudian berubah jadi racun saat dipanaskan kedua kalinya.

Ayam

Olahan ayam juga sebaiknya sekali makan, jangan dipanaskan kembali. Masakan seperti kare atau soto ayam sebaiknya tidak perlu dipanaskan kembali. Sebab protein yang terkandung di dalamnya akan rusak dan menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Maka ada baiknya sebelum memasak, sesuaikan terlebih dahulu berapa jumlah porsi yang dibutuhkan agar tidak tersisa dan habis dalam hari itu juga. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan muncul di dalam tubuh.

Demikian penjelasan seputar makanan yang berbahaya jika dipanaskan kembali. Semoga bermanfaat.