info seputar artikel dan tips hidup sehat

Kebenaran Mitos Seputar Obesitas dan Diet Bagi Pria dan Wanita

mitos-obesitas-diet-pria-wanita
Selain sehat, memiliki tubuh yang proposional sangat diinginkan oleh banyak orang. Tak kalah dari wanita yang ingin tampil cantik dengan tubuh ramping, pria pun demikian. Kaum Adam ternyata juga banyak yang menginginkan memiliki tubuh ramping.

Sisi yang lain, obesitas atau kelebihan berat badan menjadi isu kesehatan yang tak kalah populernya. Beragam cara dilakukan agar seseorang terhindar dari penyakit gemuk ini. Program diet pun bermunculan dalam ragam cara yang ada.

Mitos Obesitas dan Diet Pada Pria dan Wanita

Bahkan beberapa hal soal obesitas dan diet penurunan berat badan menjadi mitos berkembang dari masa ke masa. Tidak semua sesuai fakta meski sebagian memang demikian adanya. Berikut ini adalah deretan mitos yang mengiringi isu obesitas dan diet penurunan berat badan.

Karbohidrat Bikin Gemuk

Mitos yang berkembang bahwa saat mengkonsumi karbohidrat, maka berat badan mudah naik alias gemuk. Padahal tidak sepenuhnya benar, sebab terdapat dua bentuk karbohidrat. Yakni karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

Karbohidrat sederhana mengandung gula, lemak jenuh, dan gluten yang memang bisa meningkatkan berat badan. Sementara karbohidrat kompleks memiliki sifat yang berkebalikan.

Olah Raga

Salah satu manfaat olah raga adalah menurunkan berat badan. Akan tetapi tidak serta merta melakukan berbagai macam olah raga untuk mendapatkan tubuh idel, melainkan cukup memilih olahraga yang sesuai saja sudah memadai.

Diet dan Kebiasaan

Program diet sehat bisa berjalan sesuai rencana jika diimbangi dengan kebiasaan yang sehat pula. Namun berbeda jika saat melakukan diet, tetapi kebiasaan buruk masih dilakukan. Hasilnya berat badan tidak turun secara optimal.

Melewatkan Waktu Makan

Benarkah dengan melewatkan sarapan pagi dan makan malam bisa menurunkan berat badan. Tentu bukan itu yang menjadi masalah, justru fokusnya adalah bahwa melewatkan waktu makan akan memperlambat metabolisme tubuh yang berpengaruh kepada berat badan yang tidak ideal.

Vegetarian

Makanan sehat kaya serat yang banyak didapatkan dari sayuran memang bagus untuk mendukung program diet. Namun pada kondisi tertentu, tidak semua orang cocok dengan pola makan vegetarian. Alih-alih berat badan turun, justru timbul masalah kesehatan yang lain.

Makan Daging

Tergantung dari daging apa yang dimakan, apakah daging berkadar lemak tinggi atau tidak. Jika rajin makan daging berlemak, potensi berat badan makin bertambah. Namun untuk sebagian daging berkadar protein tinggi bisa membuat tubuh tambah sehat terutama pada pembakaran lemak dan pembentukan sel otot.

Minum Air

Air memang terbukti ampuh mendukunh kesehatan tubuh, sebab hampir 60% tubuh terdiri dari air. Rajin minum air putih bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan membuat perut tetap kenyang. Bagus untuk mendukung program diet sehat.

Makan Malam

Waktu makan malam yang terlambat, yaitu sesaat sebelum tidur memang tidak menyehatkan. Sebab sari makanan tidak dicerna dengan sempurna oleh tubuh yang mengakibatkan lemak menumpuk.

Nah demikian tadi mitos seputar obesitas dan diet menurunkan berat badan. Semoga informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment