info seputar artikel dan tips hidup sehat

Apa yang Harus Dilakukan Saat Menemui Orang Pingsan

pertolongan-pada-orang-pingsan
Kehilangan kontrol kesadaran diri atau pingsan bisa menimpa siapa saja. Bisa terjadi kapan saja, dan dimana saja.

Jika seseorang dengan tiba-tiba melihat orang yang pingsan, apa yang harus dilakukan. Jangan panik, berikan pertolongan pertama pada orang tersebut.

Cara Memberikan Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Berikut bentuk pertolongan pertama saat menemui orang yang tiba-tiba pingsan.
Hati-hati, 7 Gejala Kanker Kulit Ini Seringkali Tak Menampakkan Diri

Percikan Air

Satu hal yang biasa dilakukan terhadap orang yang pingsan adalah dengan memercikkan air ke wajahnya. Padahal tindakan ini sia-sia untuk membangunkannya.

Bau Minyak Angin

Pun demikian dengan cara membaui orang yang pingsan di dekat hidungnya dengan bebauan minyak angin. Cara ini tidak efektif.

Topang Tubuhnya

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan menopang tubuhnya sesaat ketika orang tersebut hendak pingsan yang ditandai dengan kehilangan keseimbangan tubuh. Hal ini dilakukan untuk mencegah cidera lebih parah yang mungkin saja terjadi saat benar-benar terjatuh.
6 Fakta Menstruasi yang Tidak Pernah Terungkap Sebelumnya

Survey Area

Lakukan cek lokasi area orang yang pingsan tersebut. Ada kemungkinan dia pingsan akibat terkena gigitan hewan, aliran listrik, kebocoran gas dan hal lainnya. Jika terdeteksi adanya gangguan tersebut, langsung pindahkan orang yang pingsan tersebut ke tempat yang lebih aman. 

Cek Respon

Lakukan pengetesan apakah ia benar-benar pingsan dengan cara menepuk pundahnya atau dengan memanggil namanya. Karena biasanya orang yang pingsan akan tersadar dalam beberapa detik jika ia bisa merespon.

Biarkan Sejenak

Jika mereka terbangun atau sadarkan diri, jangan langsung dibangunkan dari posisinya. Biarkan ia tetap berbaring untuk meredakan kesadarannya kembali.
5 Solusi Guna Memantau Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh

Cek Kondisi

Lakukan pijatan di area denyut jantung seperti di pergelangan tangan dan dada kiri. Periksa suhu badannya, apakah normal atau panan. Jika detak jantung melemah atau bahkan tidak terdeteksi, hubungi kontak medis terdekat untuk penangan lebih lanjut.

Jangan Gerakkan

Ketika melihat orang pingsan akibat terjatuh atau kecelakaan, jangan langsung menggerak-gerakkan tubuh korban. Hal ini untuk menghindari cidera yang lebih parah. Hubungi tim medis terdekat untuk penanganan selanjutnya.

Beri Ruang

Hal yang penting dilakukan pada orang pingsan adalah memberi keleluasaan udara baginya. Longgarkan baju dan ikat pinggangnya. Jangan bergerombol mengerumuninya. Jangan pula memasukkan air atau benda lainnya melalui mulut yang akan membuatnya tersedak.
Minuman Apa Saja yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung

Minuman dan Camilan

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa pingsan, diantaranya adalah karena kurang air atau dehidrasi. Sehingga sangat baik untuk diberikan minuman sesaat setelah ia benar-benar terbangun. Pun demikian jika pingsan karena gula darah rendah, maka sediakan camilan manis untuk memicu naikknya gula darah.

Selalu Dekat

Usahakan untuk tetap berdekatan dengannya sampai ada bantuan medis baginya. Bisa pula dengan mengantarkannya ke dokter terdekat.
Kenali Kondisi Apa Saja yang Membikin Sakit Kepala Tambah Parah
Demikianlah tips memberi pertolongan pertama ketika menemui seseorang yang pingsan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment