info seputar artikel dan tips hidup sehat

Penuhi 11 Nutrisi ini Agar Rambut Makin Sehat, Lebat dan Kuat

nutriri-sehat-rambut
Nikmat Sehat - Memiliki rambut nan indah, lebat, kuat dan hitam terurai adalah idaman bagi kaum wanita. Bagi mereka, rambut adalah mahkota yang mencerminkan keanggunan fisik dan kemolekan tubuhnya. Sehingga perawatannya menjadi hal wajib untuk dilakukan.

Ciri rambut yang subur adalah memiliki kulit kepala sehat, akar rambut kuat dan batangnya tidak mudah rapuh. Selain perawatan luar, rambut juga membutuhkan perawatan dalam yang menyangkut nutrisi. Sebab justru nutirisi ini menjadi hal pokok rambut yang sehat.

Nutrisi untuk Rambut Sehat

Laman Bembu.com merinci nutrisi bagi tubuh yang sangat bagi pertumbuhan dan kesehatan rambut. Apa saja nutrisi tersebut, mari kita simak.

Vitamin A

nutriri-sehat-rambut
Vitamin A memiliki fungsi untuk meningkatkan pertumbuhan sel. Pada kulit kepala, vitamin A ini mampu menghasilkan sebum yang baik guna mencegah kekeringan pada kulit kepala. Sehingga rambut lembut, halus dan sehat. Makanan yang mengandung vitamin A terdapat pada wortel, tomat, melon, dan sayuran berwarna hijau gelap. 

Vitamin B3

Mirip dengan Biotin, vitamin B3 atau disebut pula Niacin ini juga berfungsi untuk membantu menyehatkan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Sehingga rambut kuat dan tidak mudah rapuh. Nutrisi Niacin terdapat pada makanan berbahan ayam kalkun, dada ayam, tuna, jamur, dan alpukat. 

Vitamin B7

Vitamin B7 atau yag lebih dikenal dengan Biotin ini berfungsi untuk menyusun lapisan kreatin pada batang rambut. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi makanan yang bernutrisi Biotin ini akan membuat rambut kuat, tumbuh lebat dan tidak mudah rontok. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini pada jamur, alpukat, telur, salmon, dan selai kacang tanah.

Vitamin B12

nutriri-sehat-rambut
Vitamin B12 dikenal memiliki peranan penting dalam metaboliesme kulit dan tubuh. Rutin mengkonsumsi vitamin B12 ini dapat menyehatkan kulit kepala. Produk makanan yang mengandung vitamin B12 atau juga dikenal Cobalamin ini terdapat pada sumber protein hewani, seperti ayam, telur, ikan, daging sapi, dan produk olahan susu.

Vitamin C

Vitamin C sangat baik dalam meningkatkan kesehatan rambut, kuku dan kulit. Hal ini disebabkan perannya dalam memproduksi kolagen. Rambut makin sehat dengan rutin mengkonsumsi vitamin C ini. Selain itu, vitamin C juga baik dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak rambut. Makanan seperti buah jeruk, brokoli, kale, kubis, pepaya, stroberi, kiwi, dan paprika merah adalah beberapa bahan alami yang mengandung vitamin C.

Vitamin D

Vitamin D berfungsi dalam mendukung pertumbugan folikel rambut dan kolagen pada tubuh manusia. Selain didapatka dari sinar matahari pagi, vitamin ini bisa anda peroleh dari  ikan yang mengandung lemak sehat, seperti salmon, bandeng, dan tuna. Telur, jamur, dan susu juga baik untuk pertumbuhan rambut.

Vitamin E

nutriri-sehat-rambut
Fungsi vitamin E bagi kesehata rambut adalah dalam hal memperbaiki dan membangun jaringan sel. Sehingga sangat baik bagi kulit tubuh dan rambut. Vitamin E bisa didapatkan dari almond, biji-bijian, alpukat, dan brokoli. 

Zat besi

Sebuah penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara kandungan zat besi dengan kerontokan rambut. Defisiensi atau kekurangefektifan zat besi bisa mengakibatkan rambut mudah rontok. Sehingga penuhi kandungan nutrisi zat besi ini agar rambut tetap sehat dan kuat. Anda bisa memenuhinya dengan mengkonsumsi daging merah, tiram, dan bayam.

Magnesium

Zat magnesium ini juga mempengaruhi pertumbuhan dan kekuatan rambut. Antisipasi kerontokan rambut dengan rutin mengkonsumsi bahan alami yang mengandung magnesium. Anda bisa mendapatkannya dari ikan salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Protein

Karena rambut disusun oleh lapisan keratin yang termasuk golongan protein, maka pemenuhannya wajib dilakukan agar rambut tetap sehat dan kuat. Produk bahan makanan yang bisa menghasilkan protein adalah kedelai, daging, telur, susu, brokoli, dan bayam.

Zinc

nutriri-sehat-rambut
Zinc merupakan senyawa yang terkenal mampu menyehatkan kulit kepala dan rambut. Senyawa seng ini memegang peranan penting dalam kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh secara umum. Sehingga rutin mengkonsumsi bahan yang mengandung senyawa ini makin membuat rambut sehat dan kuat. Anda bisa mendapatkannya dari biji labu, ayam, bawang putih, jamur-jamuran, bayam, dan yogurt.

Siapapun berha memiliki rambut nan sehat dan kuat. Termasuk anda. Rajinlah mengkonsumsi bahan makanan alami yang mengandung nutrisi di atas untuk kesuburan rambut.