info seputar artikel dan tips hidup sehat

Manfaat Sarapan Pagi dan Tips Menyiapkannya Bagi Anak

manfaat dan tips sarapan pagi untuk anakNikmatsehat.xyz - Seperti halnya orang dewasa, anak juga memiliki aktifitas yang padat sesuai psikologinya. Kegiatan yang juga membutuhkan energy untuk melakukannya. Kegiatan harian seperti sekolah, bermain, les, ibadah dan lain-lain membuat mereka harus mendapatkan gizi yang banyak dan berimbang.

Akan tetapi kita sebagai orang tua justru sering melupakan aktifitas yang tidak kalah pentingnya. Yakni menyediakan menu sarapan pagi bagi si kecil. Sebagaimana yang kita tahu, aktifitas di sekolah yang mereka lakukan tidaklah sedikit dan sebentar, melainkan banyak dan minimal 5 jam. Akankah kita rela membiarkan perut anak kita kosong selama waktu itu? Tentu tidak bukan?

Faktanya, hanya gara-gara orang tua sibuk dengan aktifitas paginya, sering melupakan jatah makanan yang harus disediakan bagi si kecil. Padahal, para ahli banyak yang menyampaikan manfaat sarapan pagi bagi anak. Apa saja manfaat sarapan pagi bagi anak? Berikut beberapa paparannya.

Manfaat sarapan pagi bagi anak

1. Asupan energi

Sarapan memberikan asupan energy bagi tubuh setelah aktifitas tidur malam. Dan energi yang didapatkan dari sarapan pagi adalah modal bagi anak untuk menyelesaikan aktifitasnya hingga 6 jam ke depan selama di sekolah.

2. Kebutuhan gizi

Sarapan sebelum jam 9 pagi adalah sarana efektif untuk menyediakan 30% kebutuhan gizi dalam tubuh selama satu hari. Sehingga upayakan agar anak Anda pun makan sarapan pagi.

3. Memperkuat memori

manfaat-tips-sarapan-pagi-bagi-anak
Selain memberikan asupan energy untuk anak, sarapan juga bermanfaat untuk memudahkan anak dalam menangkap pelajaran. Karena dengan energy yang mereka miliki, tentunya akan merasa segar dan daya ingat memorinya juga kuat.

4. Camilan tidak sehat

Sarapan juga bisa menghindarkan anak dari camilan yang tidak sehat selama di sekolah. Sebab tanpa sepengatahuan dan pengawasan kita, anak-anak sering membeli jajan di kantin sekolah atau di luar sekolah yang tentunya tidak sehat.

5. Mendidik disiplin

Sarapan pagi juga bisa menjadi sarana yang efektif guna mendidik anak lebih disiplin. Kapan harus makan, belajar dan bermain. Semua bisa teratur dengan menyediakan jatah waktunya masing-masing. 

Tips menyiapkan sarapan pagi bagi anak

Simple dan bergizi

manfaat-tips-sarapan-pagi-bagi-anak
Makanan seimbang perlu disediakan bagi anak. Jika waktu pagi tidak mampu sanggup membuat masakan, ada baiknya membeli sayur di pedagang sayuran matang. Usahakan yang tidak banyak mengandung zat penyedap masakan. Atau bisa pula mengolah sendiri dari makanan yang mudah dibuat secara instan. Misal coco crunch, bubur, pasta dan mungkin pula nasi goreng yang dicampur sayuran dan telur. Bisa pula menyediakan roti sancdwich dan kejut di dalamnya. Segelas air susu harus ada di meja makan untuk sarapan ini.

Kadarnya

Jumlah yang disiapkan untuk sarapan ini sebaiknya jangan terlalu banyak, sebab biasanya mereka enggan makan banyak di kala pagi. 

Kreatifitas orang tua

Jika anak enggan makan sarapan pagi, maka orang tua harus kreatif. Coba komunikasikan dengannya, makanan kesukaan yang bisa dimakan pada waktu pagi. Tentunya dalam koridor yang sehat. Bisa pula dengan memberikan iming-iming hadiah atau semacamnya agar mereka terbiasa sarapan. Setelah mereka terbiasa makan sarapan pagi, setelahnya akan mudah untuk mengaturnya agar selalu makan sarapan pagi.

Demikianlah ulasan seputar tips menyiapkan sarapan pagi dan manfaatnya bagi anak. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi keluarga kita.