info seputar artikel dan tips hidup sehat

Deretan Makanan Bernutrisi Ini Justru Berbahaya Bagi Pencernaan Anda

Deretan Makanan Bernutrisi Ini Justru Berbahaya Bagi Pencernaan Anda - Anda pasti merasa heran saat mendengar bahwa ternyata ada makanan yang bernutrisi alias penuh gizi, namun dibalik itu menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh lainnya. Mafhumnya, makanan bernutrisi harusnya bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi tidak semua makanan bergizi baik dikonsumsi oleh tubuh secara berlebihan.

macam makanan tidak baik untuk pencernaan

Maka jika Anda merasakan ada keluhan di dalam perut, seperti perut kembung, nyeri lambung hingga maag dan mencret, maka ada baiknya mulai sekarang memperhatikan makanan sehat seperti apa yang telah Anda makan. Dan berikut deretan makanan sehat penuh gizi namun berefek buruk pada pencernaan tubuh. Apa saja makanan itu? Mari kita simak uraian berikut ini.

Makanan yang tidak baik bagi pencernaan

Bawang putih dan bawang merah

Tidak dapat dipungkiri, kedua bahan makanan ini menjadi favorit untuk penyedap masakan. Nutrisi keduanya, seperti kandungan sulfur atau belerang yang banyak dan bermanfaat untuk detoksifikasi alami dalam tubuh. Namun Anda jangan sampai terlalu banyak dalam mengkonsumsinya, apalagi dalam kondisi masih mentah. Sebab dapat menimbulkan aroma gas yang tidak sedap dan menyebabkan perut terasa tidak nyaman.

Makanan fermentasi

Pernah makan kimchi dari Korea atau asinan kubis? Kedua makanan ini memang memiliki kandungan bakteri yang baik untuk usus. Akan tetapi makanan tersebut juga mengandung histamin. Dan histamin tidak dibutuhkan saat seseorang kekurangan enzim untuk mencegahnya. Sehingga histamin akan menumpuk yang menyebabkan gangguan pada pencernaan seperti sakit perut, kembung, mulas hingga diare. Selain itu, histamin juga dapat menyebabkan alergi.

Tepung gandum

Kehadiran tepung gandum membuat kadar gula darah yang tidak stabil. Saat tepung dicerna di dalam tubuh, maka akan mengalami kenaikan gula darah yang tinggi dan kemudian turun dengan sangat cepat. Ketidakseimbangan gula darah inilah yang menyebabkan rasa sakit atau terjadi permasalahan dalam sistem pencernaan. Selain itu, ternyata tepung gandum tidak memiliki serat yang banyak, sehingga tidak begitu baik untuk pencernaan.

Sayuran berpati

Ada beberapa sayuran yang meski baik untuk menambah nutrisi tubuh akan tetapi tidak baik untuk pencernaan. Beberapa diantaranya adalah yang mengandung pati. Sebab pasti akan menghambat air masuk ke dalam usus. Hal ini bisa menyebabkan sakit perut, nyeri dan diare. Beberapa sayuran berpati diantaranya adalah brokoli, kembang kol dan kubis. Anda tidak perlu anti terhadap sayuran ini, hanya perlu mengurangi saja jika memiliki gangguan pencernaan.

Informasi ini bukan dalam rangka Anda harus menghentikan segera makanan tersebut, akan tetapi senantiasa bijak dalam mengkonsumsinya. Tidak terlalu banyak, namun sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Demikian ulasan seputar makanan bernutrisi namun tidak baik untuk sistem pencernaan. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi tambahan.

No comments:

Post a Comment